Perbedaan Server Hosting Indonesia dan Luar Negeri

Beberapa hari yang lalu saya terkejut ketika saya mencoba melakukan ping ke alamat website saya sakuning.com. Yang terjadi yaitu ping yang saya dapati ternyata besar sekali dan tidak stabil. Angka yang keluar di cmd (command prompt) yaitu 200ms - 250ms. Lalu apa penyebab ping saya besar dan tidak normal seperti website-website indonesia lainnya? Ternyata penyebab ping begitu besar yang saya dapati yaitu karena server hosting yang saya gunakan berlokasi di luar negeri, tepatnya di US atau amerika. Kemudian saya tidak berpikir panjang dan langsung menghubungi penyedia layanan hosting yang saya gunakan. Nah setelah chating-chating akhirnya saya putuskan untuk pindah server hosting lokal yang berada di indonesia.

Perbedaan Server Hosting Indonesia dan Luar Negeri

Kapan kita menggunakan server hosting lokal? yaitu ketika website Anda semua kontennya ditujukan untuk indonesia saja. Namun jika terget pengunjung adalah lokal dan internasional, maka saya sarankan untuk menggunakan server hosting luar. Kelebihan menggunakan server lokal yaitu memberi kemudahan pada pengunjung website untuk mengakses web lebih cepat dibandingakan jika Anda menggunakan server hosting US.

Kelebihan menggunakan server hosting luar negeri yaitu saat penanganan email dari pengunjung ke email server lebih cepat sampai. Itu karena server mail seperti yahoo, gmail, hotmail juga berada di luar negeri. Jadi pengiriman menjadi lebih cepat. Namun jika Anda menggunakan server lokal, kebanyakan email yang dikirim oleh pengunjung ke email server Anda akan sering tertunda.

Maka dari itu jika artikel Anda berbahasa indonesia, maka lebih baik gunakanlah server indonesia. Kemarin setelah saya selesai melakukan pindah server, dampaknya sangat terasa. Akses website sakuning.com menjadi lebih cepat dan ping menjadi lebih ringan atau kecil (30ms - 35ms). Selain itu pengunjung website menjadi lebih stabil dan meningkat drastis :).

Pada saat ini saya menggunakan akses internet speedy dan ping website sakuning normal atau stabil sekitar 30 ms. Itulah sedikit pengalaman internet saya tentang " Perbedaan Server Hosting Indonesia dan Luar Negeri" yang bisa saya bagikan untuk Anda, semoga bermanfaat dan memberi pemcerahan untuk Anda :).
Previous
Next Post »