Generasi Pelopor dan Bukan Pengekor

Bangsa yang bisa dicontoh adalah bangsa yang didalamnya memiliki orang-orang atau generasi yang berani berkorban bagi bangsa dan negara. Saat ini sangat jarang orang dengan generasi seperti ini terlihat di negara indonesia. Lalu apa yang menjadi penyebab tidak adanya generasi yang bisa memajukan bangsa indonesia ini? Saya rasa mungkin masih ada satu atau dua orang, namun sebagian yang lain tidak bisa dikatakan generasi yang membangakan.

Generasi Pelopor, Bukan Pengekor


Dari sub judul yang saya tulis, inilah yang sebenarnya menjadi kunci bagi bangsa ini jika ingin menjadi bangsa yang bisa menjadi contoh untuk bangsa yang lain. Jika setiap individu di negara indonesia 90% bisa menjadi generasi yang seperti ini, maka saya jamin indonesia akan semakin maju dan besar.

Contoh sederhana untuk bisa menjadi generasi pelopor dan bukan pengekor yaitu memberi contoh yang baik pada anak kecil, bahwa merokok itu tidak baik dan jangan sampai dilakukan. Jika Anda seorang perokok, maka berhentilah untuk merokok dan menjadi panutan bagi orang lain. Jika Anda tidak merokok, maka jangan sampai Anda menjadi generasi pengekor yang hanya ikut-ikutan saja. Nah dari hal-hal kecil diharapkan nantinya seseorang akan bisa terbiasa juga dengan hal-hal besar lainnya. Seperti tidak korupsi di dalam perusahaan besar saat menjadi pegawai atau tidak korupsi saat Anda menjabat sebagai pegawai negeri (PNS).

Saat ini masih banyak anak-anak muda indonesia yang masih berkelakuan seperti generasi pengekor, sehingga bangsa indonesia ini masih sulit berkembang dan belum bisa menjadi contoh yang baik bagi bangsa lain. Namun jika suatu saat setiap individu anak-anak muda indonesia mau menjadi generasi pelopor yang baik, maka saya jamin bangsa ini akan menjadi besar dan lebih baik dari yang sebelumnya.
Previous
Next Post »