Cara Shutdown Komputer Dengan Timer Menggunakan CMD

Mematikan komputer dengan mengklik tombol shutdown itu sudah kuno atau hal biasa, namun jika shutdown komputer dengan timer maka itu adalah hal yang luar biasa. Banyak orang yang belum bisa memanfaatkan kemampuan komputer dengan sepenuhnya, contohnya mematikan komputer dengan shutdown timer. Jadi sebuah laptop atau komputer akan mati secara otomatis sesuai waktu yang sudah ditentukan oleh user. Berikut adalah cara shutdown dengan timer menggunakan cmd (command prompt) pada windows kita.

Cara Shutdown Komputer Dengan Timer Menggunakan CMD


Langkah pertama yaitu klik "start", kemudian pada kolom search ketik saja "cmd" lalu tekan "enter". Setelah itu nanti akan muncul jendela aplikasi dengan tampilan seperti berikut ini:

Cara Shutdown Komputer Dengan Timer Menggunakan CMD

Kemudian pada aplikasi command prompt tersebut ketikkan : Shutdown /s /t 1200

Setelah itu tekan "enter" dan laptop atau komputer Anda akan mati secara otomatis dalam 20 menit. Lho kok bisa 20 menit darimana? Jawabannya karena angka 1200 menandakan 20 menit, karena 60 x 20 = 1200.

Untuk shutdown secara langsung bisa juga, tinggal hilangkan perintah /s /t 1200. Jadi hanya ketik saja "shutdown" lalu tekan "enter". Maka komputer Anda akan langsung mati tanpa adanya timer. Lalu bagaimana jika saya ingin mereset atau mengganti atau membatalkan batas waktu shutdown timer? Yupss Anda benar! tinggal ketikkan perintah "shutdown /a" lalu tekan "enter", maka apa yang sudah Anda seting tadi akan dibatalkan oleh program.

Nah ternyata sangat mudah bukan? untuk bisa membuat shutdown timer pada windows 7 atau pada operating sistem windows-windows yang lain (caranya sama). Semoga artikel seputar komputer tentang "Cara Shutdown Komputer Dengan Timer Menggunakan CMD" bisa menambah wawasan Anda tentang seputar komputer.
Previous
Next Post »