Cara Meningkatkan Skill Coding

Sebelum seorang programer bisa bekerja dilapangan kerja yang real, seorang programer harus memiliki skill coding yang tinggi. Jika seorang progamer tidak memiliki skill coding yang tinggi atau bisa dikatakan programer pemula, sebaiknya pelajari "Cara meningkatkan skill coding" yang akan saya bahas berikut ini.

Cara Meningkatkan Skill Coding


Memiliki skill coding yang tinggi berarti memiliki teknik coding yang tinggi pula. Programer yang memiliki skill coding yang bagus, biasanya cepat dalam mengambil keputusan dan cepat dalam menyelesaikan suatu kasus pada aplikasi yang dibuatnya. Bagi programer pemula tentu saja meningkatkan skill coding sangatlah perlu, karena ini juga untuk masa depan programer tersebut. Bagaimana atau apa langkah-langkah untuk bisa meningkatkan skill coding?

1.Meditasi

Meditasi seorang programer hampir mirip dengan meditasi orang beragama atau meditasi orang di kuil-kuil. Bedanya jika meditasi seorang programer hanyalah duduk didepan komputer atau laptop untuk melakukan aktivitas pengkodean untuk membuat sebuah aplikasi / software. Dengan melakukan meditasi seorang programer pemula akan dapat meningkatkan skill coding yang dimilikinya. Kapan meditasi dilakukan oleh seorang programer? Jawabannya adalah "sesering mungkin", karena dengan melakukan meditasi coding setiap saat akan cepat meningkatkan skill coding (disaat ada waktu luang).

2.Membaca Kitab Coding

Seorang programer juga bisa meningkatkan skill coding yang dimilikinya dengan membaca kitab coding yang dimilikinya atau kitab coding di internet. Kitab coding disini adalah "buku bahasa pemrograman" seperti buku pascal, c++, java, javascript, httml, php, jquerry, framework, c#, vb, ruby, sql, dan masih banyak kitab bahasa pemrograman lainnya. Tapi saya menyarankan agar memahami 1 atau 2 bahasa saja agar Anda bisa fokus dan menjadi ahli dalam bahasa tersebut. Namun jika kapasitas otak Anda lebih-lebih boleh juga sih belajar banyak bahasa sekaligus :).

3.Rajin Masuk Forum Diskusi Programer

Sering-seringlah mampir ke forum-forum programer yang membahas permasalahan seputar dunia pengkodean. Disana pasti Anda akan menemukan banyak masalah-masalah baru yang belum Anda temui sebelumnya, dan banyak pula solusi-solusi yang bisa Anda pelajari untuk memecahkan suatu kasus dalam dunia pengkodean. Dengan masuk dan keluar forum, lambat laun skill coding Anda akan meningkat dengan sendirinya.

Nah saya rasa 3 cara meningkatkan skill coding diatas akan sangat bermanfaat jika dilakukan dengan benar. Saran saya jika Anda masih termasuk dalam kategori programer pemula, tingkatkanlah skill coding yang sudah Anda miliki karena itu akan berguna dimasa depan. Jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas canggih saat ini yaitu google untuk belajar bahasa pemrograman, karena dengan menggunakan fasilitas pencarian google Anda akan sangat mudah menemukan berbagai solusi untuk kasus coding yang sedang Anda dapatkan. Setidaknya jadilah seorang programer yang sangat pakar dalam 1 bahasa pemrograman, tapi jangan sampai Anda paham banyak bahasa pemrograman tapi Anda tidak pakar disalah satu bahasa tersebut.

Jika sobat sakuning termasuk dalam kategori programer pemula, saya sarankan juga untuk memahami Apakah Arti Dari Coding yang sebenarnya. Sekian artikel tentang cara meningkatkan skill coding yang bisa saya berikan untuk sobat sekalian, semoga bermanfaat :).
Previous
Next Post »