Cara Membuat Hotspot di Laptop Menggunakan (Virtual Router)

Karena Cara Membuat Hotspot di Laptop Menggunakan Virtual Router sangat banyak dicari orang, maka dari itu kali ini saya akan membantu sobat sakuning untuk membuat "Hotspot" menggunakan Virtual Router Manager. Tapi sebelumnya saya akan menjelaskan sobat mengapa tidak membuat share wifi atau membuat hotspot menggunakan "Ad hoc" saja? Karena jika membuat share wifi menggunakan Ad hoc tidak bisa dipakai oleh smartphone. Biasanyakan pengguna smartphone suka memanfaatkan wifi untuk bermain game di smartphone, download aplikasi Android dan update aplikasi.

Cara Membuat Hotspot di Laptop Menggunakan (Virtual Router)


Langkah-langkah membuat hotspot di laptop dengan mudah yaitu:

  1. Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center

  2. Di sebelah kiri ada menu "Change Adapter Settings" -> klik saja

  3. Kemudian akan muncul seperti gambar dibawah, lakukan "Klik Kanan" -> "Properties" pada Wireless Terminal

  4. Pilih tab "Sharing"

  5. Centang yang bertuliskan "Allow other network users to connect through this computer's internet connection"

  6. Pada dropdown dibawahnya pilih yang akan Anda share koneksi internet

  7. Tekan "OK" dan selesai :)


Nah sebagai contoh, perhatikan gambar berikut ini:

[caption id="attachment_873" align="aligncenter" width="746"]Cara Membuat Hotspot di Laptop Menggunakan (Virtual Router)
Setting Network and Connections
[/caption]

Pada kasus diatas saya menggunakan modem smartfren, makanya yang saya pilih adalah "Wireless Terminal". Jika saya menggunakan koneksi internet speedy atau menggunakan kabel LAN untuk mendapatkan koneksi internet, saya akan setting sharing pada "Local Area Connection".

Sebelumnya jangan lupa lakukan konfigurasi di aplikasi "Virtual Router Manager" yang sudah terinstal di komputer Anda. Berikut gambar yang akan menjelaskan konfigurasinya, cukup isi nama wifi, password wifi dan pilih jenis koneksi yang Anda pakai. Lalu tekan "OK".

Berikut saya sertakan link untuk mengunduh software Virtual Router. Software hotspot gratis dan tanpa iklan didalamnya :D. Aplikasi hotspot yang bisa digunakan di windows 8, windows 7 dan windows sebelumnya.

[caption id="attachment_875" align="aligncenter" width="300"]virtual router manager
Virtual Router Manager
[/caption]

Nah kira-kira seperti itu cara membuat hotspot sendiri di laptop Anda, jika sobat mengikuti tutorial dengan benar maka saya jamin akan berhasil 100% :). Semoga tutorial komputer tentang "Cara Membuat Hotspot di Laptop Menggunakan Virtual Router" ini bisa bermanfaat untuk Anda.
Previous
Next Post »