Cara Menggunakan FTP FileZilla [File Transfer]

FileZilla adalah sebuah software yang biasa digunakan untuk melakukan transfer data dari dan ke dalam web hosting. Biasanya filezilla digunakan oleh seorang programer yang ingin mengupload file website buatannya kedalam akun web hosting yang sudah dibeli. Berikut ini adalah cara menggunakan ftp fileZilla.

Sebelum melakukan login atau pengisian data file transfer FileZilla, yang dibutuhkan terlebih dahulu adalah software FileZilla. Anda bisa mengunduh atau download FileZilla pada website resminya filezilla-project.org atau download software FileZilla di Filehippo.com.

Setelah FileZilla berhasil Anda download maka langsung saja instal dan ikuti petunjuk instalasi. Jika sudah selesai instalasi software FileZilla, kemudian silakan Anda masukan Host, Username, dan Password, pada bagian atas bar.

Cara Menggunakan FTP Filezilla

Keterangan "Cara Menggunakan FTP FileZilla" :

  1. Host : Masukan dengan domain Anda tanpa menggunakan www ataupun temporary IP, yang diberitahukan di email subjek Anda pada "Detail Hosting Anda" (ex: sakuning.com).

  2. Username : Isi dengan username yang diberikan oleh web hosting Anda, atau yang sudah Anda buat pada FTP manager (ex: admin@sakuning.com).

  3. Password : Isi dengan password yang diberikan oleh ftp web hosting atau password yang sudah Anda buat pada FTP manager.

  4. Port : Bagian ini bisa Anda kosongkan atau mengisi port secara default dengan port 21.


Jika keempat kolom sudah diisi kemudian tekan tombol / button "connect". Jika data yang Anda masukan benar, maka Anda telah berhasil mengakses halaman file manager web hosting Anda dan siap untuk transfer file menggunakan FileZilla.

Sekian tutorial "Cara Menggunakan FTP FileZilla [File Transfer]" yang bisa saya berikan untuk Anda, semoga bermanfaat :).

Download Filezilla
Previous
Next Post »