PHP - Cara Menghitung Panjang Array

Didalam dunia pemrograman yaitu salah satunya pemrograman PHP (Hypertext Prepocessor) saat ini sudah sangat mudah untuk memecahkan suatu masalah, karena PHP sudah menyediakan banyak fungsi yang bisa dipakai untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kasus yang ingin saya bahas kali ini adalah bagaimana "cara menghitung panjang array"? Nah berikut solusinya:

Didalam bahasa pemrograman PHP, ada sebuah fungsi yang bernama "count", nah Anda bisa menggunakan fungsi count() untuk menghitung panjang sebuah array. Bagaimana cara menggunakan fungsi ini? caranya sangat mudah... tinggal masukan saja variabel array yang Anda miliki kedalam parameter fungsi count ini. Berikut adalah contoh penggunaan fungsi count.

Contoh cara menghitung panjang sebuah array:

variabel array yang saya miliki adalah $arr, kemudian didalam variabel $arr ini saya isi dengan data {1,2,3}. Kemudian saya akan cetak panjang array tersebut, code yang harus ditulis yaitu echo count($arr);.

Nah itulah tadi salah satu contoh cara menghitung panjang array menggunakan fungsi Count(), namun jangan lupa jika fungsi count ini juga bisa digunakan untuk menghitung "String". Kenapa String juga bisa di hitung panjangnya menggunakan fungsi count? bukankah fungsi PHP count hanya digunakan untuk sebuah array? jawabannya karena string adalah atau termasuk "array of character". Sebuah string yang Anda miliki tersebut terdiri dari banyak karakter / char. Semisal Anda memiliki variabel string $nama = "jeffry christian", maka jika jika di count hasil dari panjang arraynya adalah 16.

#tutorial #php #pemrogramanphp #coding

cara menghitung panjang array di PHP
Previous
Next Post »