Cara Membuat Rating Bar di Android

Terkadang sebuah rating bar diperlukan dalam sebuah aplikasi tertentu yang memberikan layanan rating. Biasanya dalam kasus merating menu makanan, minuman atau pada sebuah aplikasi rating film. Pada kali ini saya akan membagikan cara untuk membuat rating bar di aplikasi android by editor eclipse junio. Berikut adalah source code "Membuat Rating Bar di Android" :
RatingBar ratingBar1 = (RatingBar) findViewById(R.id.RBar1);

ratingBar1.setOnRatingBarChangeListener(new OnRatingBarChangeListener() {

@Override
public void onRatingChanged(RatingBar ratingBar,
float rating, boolean fromUser) {
ratingBar1.setRating(float);
}
});

Untuk membuat sebuah rating bar pada aplikasi android hanya dibutuhkan 3 variabel saja, yang pertama adalah variabel widget rating bar yang ada di layout.xml, kemudian variabel rating bar untuk menampung variabel rating bar layout dan yang terakhir variabel untuk nilai yang akan digunakan pada rating bar.

Perhatikan code "ratingBar1.setRating(float);", code ini digunakan untuk mengeset nilai dari rating yang akan di tampilkan. Parameter untuk rating bar bertipe data "float", karena rating bar bisa diisi dengan nilai desimal ex (4.5).

Jangan lupa ketika ratingbar sudah dipilih atau diberi nilai, rating bar harus di buat menjadi disable dengan cara "ratingBar1.setEnabled(false);".

Nah itulah sedikit tutorial untuk membuat sebuah rating bar di Android. Semoga atrikel tentang "Cara Membuat Rating Bar di Android" bisa berguna bagi sobat sekalian :).

[caption id="attachment_702" align="aligncenter" width="227" class=" "]cara membuat rating bar pada aplikasi android Simple RatingBar Android[/caption]

#Android #Tutorial #Eclipse
Previous
Next Post »