Proses Mengetahui Batu Cincin Giok/Jade Asli atau Palsu

Giok atau jade adalah sejenis batu permata hijau adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.

Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Tiongkok dan Birma sebagai komoditas ekspor. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan, keselamatan.
Proses Mengetahui Batu Cincin Giok/Jade Asli atau Palsu

Langkah Cepat untuk mengetahui asli tidaknya giok bisa dilihat dari warna dan teksturnya, terang Kepala Seksi Pengawasan dan Pembinaan Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Aceh, Sugeng Jarot yang dikonfirmasi Serambi, Selasa (8/4) siang sebagai tindak lanjut dari laporan eksklusif Serambi berjudul Berburu Giok di Singgah Mata.

Menurut Sugeng, giok asli indeks warnanya kuat dan tidak berubah warna baik di bawah matahari maupun di dalam ruangan. Teksturnya halus dan padu. Kilaunya bahkan bisa bertahan hingga sepuluh tahunan. Tapi giok palsu sebaliknya,” ujar Sugeng.

Ia tambahkan, warna giok palsu saat di bawah sinar matahari terlihat hijau, tapi jika di bawah sinar dalam ruangan berubah menjadi hijau gelap ataupun hitam. Teksturnya kurang padu dan kilaunya memudar dalam tempo dua tahunan.

Batu perhiasan dan kesehatan
Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai asesoris dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Bahkan juga diagungkan sebagai "batu penyelamat" bahkan sebagai "batu kesehatan" oleh suku-suku bangsa di Asia Timur dan di benua Afrika ataupun Amerika termasuk oleh suku Maya dan Inca.

Bahkan dalam dunia medis dewasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan yang juga telah dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Hal ini banyak tercatat dalam banyak buku kesehatan kuno dan diakui sebagai salah satu sumber energi alam. Dalam dunia kesehatan, batu ini banyak digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, anti penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan keletihan. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem. Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium, potasium, besi dan magnesium.

Demikian artikel  Proses Mengetahui Batu Cincin Giok/Jade Asli atau Palsu ini kami buat semoga bermanfaat buat anda amin,,
Lanjud disini (Password: sintaloh)
Previous
Next Post »