Ilmu Dasar Mekanika Teknik

Mekanika Teknik merupakan mata kuliah pada semester 1. Berisi pengenalan pengetahuan teori, contoh perhitungan dan penerapan dalam desain arsitektur. Mata kuliah Mekanika Teknik merupakan pengetahuan penunjang yang akan menunjang mata kuliah Konstruksi bangunan. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat mengetahui perlunya pengetahuan dasar Mekanika Teknik serta penerapannya di dalam desain arsitektur bangunan, serta memiliki kemampuan menghitung pembebanan sederhana untuk konstruksi.

Ruang adalah daerah geometri yang ditempati oleh benda yang posisinya digambarkan oleh pengukuran linier dan anguler relatif terhadap sistem koordinat. Untuk persoalan tiga dimensi, ruang membutuhkan tiga koordinat bebas, sedangkan untuk persoalan dua dimensi diperlukan hanya dua koordinat saja. Ruang dapat dimasukkan dalam analisis persoalan statika.

Waktu adalah ukuran persitiwa yang berurutan dan merupakan besaran dasar dalam dinamika. Waktu tidak dapat dimasukkan langsung dalam analisis persoalan statika

Massa adalah ukuran kelembaman benda, yang merupakan penghambat terhadap perubahan kecepatan. Massa merupakan hal penting untuk persoalan statika, karena massa juga merupakan sifat setiap benda yang mengalami gaya tarik-menarik dengan benda lain.

Gaya adalah aksi suatu benda terhadap benda lain. Suatu gaya cenderung menggerakkan sebuah benda menurut arah kerjanya. Aksi sebuah gaya dicirikan oleh besarannya, arah kerjanya, dan titik kerjanya. Aksi sebuah gaya pada suatu benda dapat digolongkan ke dalam dua pengaruh yakni luar (eksternal) dan dalam (internal)..

Ilmu Dasar Mekanika Teknik
Sebuah benda yang dimensinya dapat diabaikan disebut partikel. Dalam pengertian matematis, sebuah partikel adalah benda yang dimensinya mendekati nol, sehingga dapat dianalisis sebagai massa titik. Partikel tidak dapat dimasukkan dalam analisis persoalan statika.

Benda tegar, jika gerakan relatif antar bagian-bagiannya dapat diabaikan langsung. Statika terutama membahas perhitungan gaya luar yang bekerja pada benda tegar yang berada dalam kesetimbangan.


Istilah terkait mekanika: atom mekanika kuantum, mekanika 1, mekanika fisika, mekanika tanah, soal mekanika, teori atom, teori kuantum, teori mekanika kuantum, fluida. mekanika kuantum, mekanika fluida, mekanika teknik.

Demikian artikel Ilmu Dasar Mekanika Teknik ini kami buat semoga bermanfaat buat anda amin,,

Download artikel Ilmu Dasar Mekanika Teknik dalam bentuk file PDF disini (Password: sintaloh)
Previous
Next Post »