Domain Gratis atau Domain Premium?

Cara Membuat Blog - Setelah sebelumnya kita memahami apa itu domain, selanjutnya pada artikel kali ini saya akan membahas tentang "Domain Gratis atau Domain Premium". Banyak para blogger pemula yang bertanya-tanya, "bagi para blogger pemula, lebih baik memiliki blog dengan domain gratisan atau blog domain premium?" Nah berikut akan saya jelaskan bagaimana Anda sebaiknya dalam memilih dan menggunakan domain yang tepat.

Domain Gratis atau Domain Premium?

Jika ditanya demikian jawabannya adalah "tergantung", mengapa? karena memilih domain merupakan keputusan yang harus Anda buat sebelum membuat blog. Namun bagi para pemula saya lebih menyarankan menggunakan domain gratis atau sub-domain dari layanan web seperti blogger atau wordpress. Biasanya blogger pemula hanya mencoba-coba membuat blog saja dan belum terlalu serius untuk membangun suatu blog. Nah jika Anda sedang dalam tahap belajar, maka buatlah blog dengan domain yang gratisan saja, namun jika Anda sudah mahir dalam nge'blog dan sudah memahami banyak hal tentang blog maka buatlah blog dengan domain yang premium atau berbayar. Selanjutnya mari simak kelemahan domain gratis dan keunggulan dari domain premium.

Kelemahan dari Domain Gratis

Kelebihan dari domain gratisan hanyalah satu yaitu "tidak berbayar" hehe, namun apasih kelemahan yang dimiliki oleh domain gratis ini?. Domain gratis merupakan sub dari induk domain atau domain utama, panjang karakter dari sub domain pasti lebih panjang dari domain utama nah itulah sebabnya sub domain biasanya lebih susah diingat oleh orang. Kemudian kelemahan dari domain gratis yang lain yaitu sub domain tidak mudah mendapatkan ijin untuk menjadi publisher iklan seperti GA (Google Adsense atau Media.net). Kelemahan domain gratis yang lain yaitu domain gratis tidak mudah untuk bersaing di search engine, alasannya karena domain utama selalu muncul diatas sub domain (tidak selalu). Dan yang terakhir blog dengan domain gratisan kurang dipercaya (jika digunakan untuk web toko online, profil pemilik kurang dipercaya).

Keunggulan dari Domain Premium

Jika dibandingkan dengan domain gratis, blog dengan domain premium pasti lebih banyak unggul. Keunggulan atau kelebihan dari blog yang berdomain premium adalah sebagai berikut:
  1. Mudah untuk menjadi publisher iklan (apa saja)
  2. Mudah diingat orang (karena panjang karakter tidak terlalu panjang)
  3. Mudah untuk terindex search engine seperti (google, yahoo, bing, ask, dll)
  4. Bisa di perjual-belikan
  5. Mudah dipercaya (jika digunakan untuk jual / beli barang)
Nah itulah keunggulan dari domain premium, jika Anda ingin memiliki blog dengan domain premium maka Anda bisa membelinya di website-website penjual domain seperti (hawkhost, masterweb, idwebhost, dll) dan berlangganan tiap tahun (untuk masa aktifnya).

Sebenarnya yang membedakan domain gratis dan domain premium hanya panjang karakter domainnya saja, jika blong dengan domain gratis maka lebih panjang daripada blog dengan domain premium. Lalu perbedaan yang lain yaitu blog dengan domain premium biasanya pemiliknya lebih serius (dalam hal ngeblog, bisnis lewat blog, dll) dari pada blog domain gratis.

Domain Gratis atau Domain Premium


Lalu Bagaimana Jika Blogger Pemula Langsung Membuat Blog dengan Domain Premium?

Nah jika sobat ingin belajar langsung tentang blog dan sekaligus ingin punya blog dengan domain premium itu sah" saja atau diperbolehkan, namun saran saya agar sobat memperhatikan tema blog dan memikirkannya dengan baik sebelum membeli domain premium tersebut. Sebelum bisa membangun sebuah blog yang baik dan benar sebaiknya pahami dulu cara dan tips "menentukan tema sebelum membuat blog" yang sudah saya ajarkan pada artikel sebelumnya. Mengapa harus menentukan tema blog sebelum membeli domain premium? karena tema blog adalah landasan utama dari blog Anda. Intinya jangan tergesa-gesa membeli domain premium, perhatikan tujuan dan bayangkan nasib blog dimasa depan jika sobat sudah menentukan nama domain yang akan dibeli.

Nah bagi sobat yang baru pemula atau baru kali ini membaca artikel tentang bloging, lebih baik pelajari juga "Apa itu Domain" agar bisa lebih mengerti tentang dunia blog dan cara membuat blog.
Previous
Next Post »