Menguji Keaslian Batu Akik Safir atau Batu Ruby

Safir dan Ruby termasuk batu permata yang mudah dikenali dan memang mudah dipelajari. Batu ini sangat keras, dalam skala Mohs, termasuk dalam kekerasan 9 Skala Mohs. Ruby dan Safir termasuk jenis batu yang sama, yang membedakan hanyalah warnanya.

Serat-serat batu permata sangat Khas jadi mempermudah dalam mempelajari batu permata. Lihat gambar di atas dimana terdapat star atau pantulan cahaya seperti bintang, itu adalah ciri khas ruby atau Safir, namun demikian tidak semua safir dan ruby mempunyai fenomena Star atau Bintang.
Menguji Keaslian Batu Akik Safir atau Batu Ruby

Perhatikan gambar di atas pada Blue Safir, nampak seperti ada sidik jari atau finger print.

Pada dasarnya untuk mengetahui keaslian batu safir dan Ruby sangatlah mudah, karena batu permata jenis ini memiliki serat-serat yang khas seperti tampak pada gambar di atas. Namun demikian kadangkala ada batu safir atau batu ruby yang serat-seratnya tidak tampak.

nah untuk batu permata safir atau ruby yang seratnya tidak tampak ada kemungkinan batu tersebut adalah sintetis, ciri safir sintetis akan terlihat gelembung udara jika dilihat dengan loupe atau kaca pembesar.
Untuk menguji keaslian safir atau Ruby dapat juga menggunakan alat elektronik, perlu diketahui bahwa alat elektronik bekerja berdasarkan suhu jadi bukan kekerasannya. Batu permata safir dapat di test dengan alat yang dinamakan Presidium Gem Tester.

Demikian: Menguji Keaslian Batu Akik Safir atau Batu Ruby ,semoga bermanfaat bagi anda

Previous
Next Post »