4 PRINSIP PEMBELAJARAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL

Dalam pembelajaran keaksaraan fungsional (KF), terdapat empat prinsip utama yang perlu dipahami terutama oleh tutor, yaitu :
  1. Konteks lokal: Kegiatan pembelajaran dilaksana-kan berdasarkan minat, kebutuhan, pengalaman dan budaya lokal serta potensi yang dimiliki atau yang ada disekitar warga belajar. 
  2. Desain lokal: Tutor bersama warga belajar KF perlu merancang kegiatan belajar di kelompok belajar sebagai jawaban atas kebutuhan-kebutuhan belajar warga belajar.
  3. Partisipatif: Tutor melibatkan warga belajar berpartisipasi secara aktif dari mulai tahap perencanaan, penilaian hasil belajar sampai dengan tindak lanjut pembelajaran.
  4. Pemanfaatan hasil belajar: Hasil pembelajaran merupakan kecakapan yang dapat memecahkan masalah keaksaraannya dan meningkatkan mutu kehidupan warga belajar KF.
Keempat prinsip utama tersebut harus diperhatikan dalam menyusun kegiatan pembelajaran Keaksaaraan fungsional yang efektif.
Previous
Next Post »